ABSTRAK
Noviati,
Uci. 2013. “KOBE MENARI Sebagai Strategi Penanaman Nilai – Nilai Karakter Anak
di PAUD Islam Terpadu Kota Wali Demak.” Karya
Nyata Pendidik PAUD. PAUD Islam Terpadu Kota Wali Demak. Kabupaten Demak,
Propinsi Jawa Tengah.
Kata
Kunci : KOBE MENARI, Limbah,
Kretif, Pembelajaran Dongeng Anak Usia Dini
Anak usia dini adalah aset negara yang sangat
berharga, oleh karenanya pendidikan anak usia dini mutlak diperlukan. Kemajuan
suatu negara bergantung kepada masa depan anak-anak yang sekarang sedang dalam
masa pertumbuhan dan perkembangan. Upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak
sejak lahir dilakukan sesuai dengan tahapan perkembangannya dan dilakukan
berdasarkan proses secara menyenangkan.
Pendidik dituntut agar senantiasa kreatif dalam
pengembangan pembelajaran di lembaganya. Pemanfaatan limbah dan barang-barang
bekas agar dapat menjadi suatu media pembelajaran dan menjadi suatu hal yang
lebih bernilai menjadi suatu tantangan yang sulit. Pendidik juga harus dapat
mensinergikan antara media pembelajaran dengan cara atau metode pembelajaran
sehingga tercipta suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, namun tidak
meninggalkan esensi dari tujuan yang inin dicapai sebelumnya.
Dongeng adalah metode pembelajaran yang dapat diolah
kembali menjadi suatu dongeng yang lebih menarik. KOBE MENARI adalah strategi
yang dapat digunakan dan diterapkan sebagai media dan cara mendongeng di
lembaga. Strategi ini merupakan pengembangan dari keberhasilan penerapan di
PAUD Islam Terpadu Kota Wali Demak dengan pengkajian dan pengamatan yang
mendalam sehingga tercipta suatu strategi yang dapat diambil manfaatnya dalam
bidang pendidikan anak usia dini.
Dengan hasil yang telah diperoleh menjadikan strategi
KOBE MENARI mampu diterapkan disegala sektoral pendidikan karena strategi ini
mudah, murah dan direkomendasikan agar dapat dilakukan oleh semua orang yang
peduli dengan pendidikan anak usia dini. Dengan niat dan semangat yang kuat
demi masa depan anak-anak yang berkarakter bangsa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar