Total Tayangan Halaman

ABSTRAK KOBE MENARI


ABSTRAK

Noviati, Uci. 2013. “KOBE MENARI Sebagai Strategi Penanaman Nilai – Nilai Karakter Anak di PAUD Islam Terpadu Kota Wali Demak.” Karya Nyata Pendidik PAUD. PAUD Islam Terpadu Kota Wali Demak. Kabupaten Demak, Propinsi Jawa Tengah.
Kata Kunci : KOBE MENARI, Limbah, Kretif, Pembelajaran Dongeng                    Anak Usia Dini
Anak usia dini adalah aset negara yang sangat berharga, oleh karenanya pendidikan anak usia dini mutlak diperlukan. Kemajuan suatu negara bergantung kepada masa depan anak-anak yang sekarang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir dilakukan sesuai dengan tahapan perkembangannya dan dilakukan berdasarkan proses secara menyenangkan.
Pendidik dituntut agar senantiasa kreatif dalam pengembangan pembelajaran di lembaganya. Pemanfaatan limbah dan barang-barang bekas agar dapat menjadi suatu media pembelajaran dan menjadi suatu hal yang lebih bernilai menjadi suatu tantangan yang sulit. Pendidik juga harus dapat mensinergikan antara media pembelajaran dengan cara atau metode pembelajaran sehingga tercipta suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, namun tidak meninggalkan esensi dari tujuan yang inin dicapai sebelumnya.
Dongeng adalah metode pembelajaran yang dapat diolah kembali menjadi suatu dongeng yang lebih menarik. KOBE MENARI adalah strategi yang dapat digunakan dan diterapkan sebagai media dan cara mendongeng di lembaga. Strategi ini merupakan pengembangan dari keberhasilan penerapan di PAUD Islam Terpadu Kota Wali Demak dengan pengkajian dan pengamatan yang mendalam sehingga tercipta suatu strategi yang dapat diambil manfaatnya dalam bidang pendidikan anak usia dini.
Dengan hasil yang telah diperoleh menjadikan strategi KOBE MENARI mampu diterapkan disegala sektoral pendidikan karena strategi ini mudah, murah dan direkomendasikan agar dapat dilakukan oleh semua orang yang peduli dengan pendidikan anak usia dini. Dengan niat dan semangat yang kuat demi masa depan anak-anak yang berkarakter bangsa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar